Friday, March 1, 2013

Soal Pendidikan Agama Kristen (kelas X)



Kelas X semester genap
 
1. Sebutkan langkah-langkah konkrit dalam tahapan berpikir kreatif dan kritis!
2. Sebutkan sifat-sifat intelegansi!
3. Sebutkan dan jelaskan tahapan organisasi dalam berpikir kreatif!
4. Apa saja bentuk tantangan yang dapat ditemui oleh remaja dalam hidupnya?
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Manusia adalah Homo Feber!
6. Apa yang menjadi latar belakang remaja mengkonsumsi narkoba?
7. Sebutkan apa pengertian dari satu daging!
8. Apa faktor terpenting agar keluarga Kristen dapat bertumbuh menjadi keluarga yang berfungsi sebagai representasi Allah di dunia ini? Jelaskan!
9. Apa yang menjadi alasan perlunya memiliki waktu teduh keluarga?
10. Sebutkan jenis-jenis kasih dan jelaskan!
11. Apa perbedaan Kasih Kristen yang bersifat horizontal dengan Kasih Kristen yang bersifat vertical?
12. Apakah kuasa yang paling besar di dunia yaitu kasih dan cinta? Jelaskan!
13. Apa saja pengaruh globalisasi bagi kehidupan keluarga yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia?
14. Sebutkan pedoman-pedoman bagi orang tua dalam rangka menciptakan pergaulan putra-putri remaja?
15. Apa pengertian globalisasi menurutmu?

Kunci Jawaban

1. 1. Tetapkan tujuan atau target, 2. Biasakan dirimu melangkah dengan suatu tujuan atau target!, 3. Berani menerima tanggung jawab, 4. Berani mengambil resiko, 5. Miliki teladan, 6. Selalu yakinkan diri

2. 1. Intelegensi adalah interaksi aktif dengan lingkungan, 2. Intelegensi meliputi struktur organisasi perbuatan, pikiran, dan interaksi antara individu dengan lingkungannya, 3. Intelegensi dipengaruhi bertambahnya usia dengan proses keseimbangan yang bertambah, 4. Perubahan kualitatif pada intelegensi, timbul dalam masa yang mengikuti suatu rangkaian tertentu.

3. a. orientasi : tahapan mengidentifikasi dan merumuskan masalah, b. preparasi : mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan masalahnya, c. inkubasi : tahapan di mana pemikiran telah menemukan ide/ inspirasi untuk memecahkan masalah/ gagasan-gagasan baru yang ditemukan.

4. a. menyelesaikan proses belajar dan kewajiban sebagai pelajar dengan kritis dan bertanggung jawab, b. mampu bersosialisasi dengan baik, c. mampu mengaktualisasikan diri dalam pergaulan dan dalam keluarga, d. memenuhi target hidup dalam bentuk mewujudkan rencana hidup, e. menghilangkan berbagai keraguan, ketakutan, prasangka, iri hati, dan dendam kesumat.

5. Manusia adalah Homo Feber maksudnya, manusia adalah teknis yang menggunakan alat-alat. Dengan kraetivitasnya, manusia menggunakan objek dan dapat menguasai alam sekitarnya untuk memenuhi kebutuhannya. Homo faber menciptakan alat untuk mempermudah kerja dan melipatgandakan daya manusia.

6. pengaruh social dan interpersonal, pengaruh budaya dan tata karma, pengaruh interpersonal, cinta dan hubungan heteroseksual, permasalahan seksual, hubungan remaja dengan kedua orang tua, permasalahan moral, nilai dan agama.
7. a. Keduanya laki-laki dan perempuan menjadi “serupa” maksudnya masing-masing menduplikasikan dirinya dengan pasangan hidupnya (baik dalam minat, prioritas, selera, pendapat dan kebiasaan), b. tidak ada perbedaan antara pihak yang satu dengan pihak yang lain, saling mengontrol diri menjadi pihak yang menurut, c. menjadikan 2 pribadi yang sehati, artinya keduanya saling mengerti, memahami, member kesempatan pada masing-masing untuk bertumbuh, d. menggabungkan masing-masing pihak menjadi satu, maksudnya : keduanya tidak merasa diinginkan dan merasa tidak diuntungkan.

8. faktor terpenting agar keluarga Kristen dapat bertumbuh menjadi keluarga yang berfungsi sebagai representasi Allah di dunia ini adalah menjadikan Allah sebagai pusat keluarga. Keluarga yang berpusatkan Allah merupakan dunia kecil yang memperhatikan kesadaran bahwa dunia milik Allah yang mewujudkan kebersamaan menyembah Allah. Bangunan keluarga kokoh bila pusat hidupnya adalah Allah.

9. untuk menyembah Allah, untuk menghormati Firman Allah, untuk membangun iman di dalam keluarga, untuk mendoakan masalah dan kebutuhan keluarga atau beban yang dirasakan anak-anak, sehingga memiliki keyakinan bahwa Allah menjawab doa mereka dalam keseharian hidup mereka, untuk berdoa syafaat bagi orang-orang lain seperti hamba Allah, misionaris, orang-orang sakit, keluarga yang belum percaya, dan sebagainya.

10.
·         Agape   : kasih yang tidak menuntut balas, tulus, ikhlas, dan dimaknai sebagai Allah atau kasih Illahi
·         Starge   : kasih yang didasarkan pada hubungan darah
·         Eros       : kasih anak didasarkan pada asmara antara 2 lawan jenis yang berbeda (nafsu birahi)
·         Philia     : kasih yang didasarkan pada hubungan persahabatan

11. Kasih Kristen yang horizontal artinya kasih yang berlangsung dalam kaitannya dengan sesama manusia, sedang Kasih Kristen yang bersifat vertical artinya bahwa keluarga Kristen mempunyai keterkaitan erat dengan Tuhannya yang telah menyelamatkan manusia dari penghukuman dosa.

12. Ya, karena dalam cinta ada satu kuasa yang paling besar, karena cinta bisa berbuat lebih banyak perkara dari perintah-perintah yang bengis atau keras. Selain itu juga dalam cinta besar sekali pengaruhnya dalam pergaulan maupun kehidupan sehari-hari.

13. perubahan dalam konsep ruang dan waktu, pasar dan produksi ekonomi di Negara-negara yang berbeda menjadi tergantung satu sama lain sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan interaksi kultur melalui perkembangan media massa, meningkatkan masalah bersama misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional, dll.

14. menerima kegaduhan dan ketidakpuasan remaja, membedakan sikap penerimaan dengan sikap persetujuan, mencoba untuk menyodorkan pengertian kuat, mencoba untuk tidak menyamakan diri dengan remaja, tidak mengundang ketergantungan, tidak menghargai kehidupan remaja, tidak memaksakan suatu masa depan bagi remaja, tidak menilai pendapat dan selera remaja, menetapkan patokan-patokan dan memperlihatkan sistem nilai.


15. (menurut jawaban individu) 

0 comments:

Post a Comment